rss

News Publik

About Me

My Photo
mustafa
maros || makassar || jogja, Indonesia
Smart and Calm
View my complete profile

Warnet...Hmmmm

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi di seantero dunia,maka banyak banget fasilitas teknologi yg membanjiri tempat kita.contohnya warnet,tau kan warnet??klo ga tau kebangetan...hehehe!!liat aja di Google ato di wiki yak.ok lanjut,warnet di dekat kosku aja jumlahny banyak banget,klo di hitung-hitung sekitar 10 an warnet disini,baru baru ini ada lagi dua warnet yg baru.itu baru dekat kosku loh blom tempat yg laen.

Kenapa warnet makin pesat di jogja?gw mw jawab tapi blom tentu benar ato salah....ahhh persetan!!!Pertama,disini paling banyak mahasiswa,yg kebanyakan hobinya chating,buka frendster kayak gw.Kedua,disini warnet berperan ganda,disamping buat browsing disini juga sebagai ajang pacaran.knapa bisa??ya iyalah warnet gituloh.pacaran sambil ML ada loh,apalagi klo boxnya tertutup..Busyet Deh!!coba aja intip apa yg dilakuin.ML di warnet??sapa yg tidak mau,biaya murah cukup bayar sewa ngenet ga perlu nyewa hotel..hehe.Ketiga,tidak ada status sosial.Wong kaya,wong kere semua terjangkau,dijamin.cukup 3500 klo siang dan 2000 klo malam,gw yakin anda puas booking sampe loyo..hahaha
uda ah capek gw.. Read More......

Islam itu indah

Keluarga sakinah abi dan umi 2-

“Abi...! kakak ganggu Adi blajar!” teriak Adi dari kamarnya malam itu.
”Ngak Abi! Kaka cuma lihat gambarnya Adi!” Teriak Kaka kemudian.
”Abi...! Kaka ganggu Adi’” ribut, kedua bersaudara itu ribut di kamar mereka.

Abi meninggalkan meja dan komputer kerjanya. Menghampiri kedua anaknya. Umi sempat menahannya, Umi berkata ”Biar Umi saja. Abi terusin saja ya”
Tapi Abi justru menyuruh Umi untuk istirahat, bukan karena tidak suka dibantu oleh Umi, tapi ”Umi sayang, istirahat ya. Abi juga kan harus belajar strategi mendidik anak yang baik. Bentar lagi kan Umi melahirkan anak kita. Kalo Abi tidak belajar dari sekarang, bisa repot kalau anak kita nanti lahir”

Setelah mengecup kening istrinya, Abi bergegas menuju kamar kedua anaknya.
Adi dan Kaka sedang bertengkar ketika Abi masuk kedalam kamar mereka. Bantal, guling dan selimut sudah berantakan. Sang kakak terlihat senang, tapi sang adik terlihat jengkel, dan melemparnya dengan bantal.

”Assalamu’alaikum” salam Abi menarik perhatian mereka berdua
”Wa’alaikum salam” jawab kedua adik kakak itu serempak, meski mereka sedang bertengkar.
Adi langsung menghampiri Abi yang masih berdiri di sudut pintu.

“Abi,Abi Kaka ganggu Adi belajar” Adi merengek dan menarik-narik tangan kanan Abi dengan kedua tangannya yang kecil.

Abi masih diam, berfikir sejenak dan memutuskan.
Abi menggendong Adi. Dan menurunkannya ketika dia mulai membereskan kamar yang berantakan itu. Sedang itu, Adik dan kakak itu melongok diam.
”Ayo siapa yang mau bantu Abi beresin kamar ini ? ”

Adi dan Kaka pun ikut membereskan kamar yang telah mereka berantakan itu hingga rapi kembali. Pertengkaran mereka berhenti tanpa harus membentak salah satu diantara dua bersaudara itu.

”Nah, sekarang kan sudah beres. Siapa sekarang yang mau manggil Umi kesini. Abi punya cerita untuk kita semua. Untuk Abi, untuk Umi, untuk Kaka, untuk Adi dan untuk bayi di perutnya Umi. Adik kalian berdua. Siapa yang mau panggil Umi?”
”Adi, Abi. Adi’ yang manggil umi.” Jawabnya semangat

Beberapa saat kemudian..................
Satu keluarga penuh berkumpul di kamar. Mereka melingkar di atas kasur yang telah rapi. Umi disamping Abi, Abi di samping Kaka . dan Adi disamping Kaka.
Cerita Abi sangat seru, mereka semua mendengarkan kisahnya. Yaitu kisah Rasulullah SAW yang sangat santun ketika menyuapi seorang Yahudi buta tua yang selalu mencaci Rasulullah.

Abi bercerita.....
Yahudi tua itu buta tak ada keluarga. Orang tua itu tidak bisa menguyah makanannya sehingga harus dikunyahkan oleh orang yang menyuapinya. Orang yang selalu menyuapinya itu adalah rasulullah SAW, yang menguyah makanan. Meskipun setiap kali nabi Muhammad mendatangi orang tua itu untuk menyuapinya, orang tua itu selalu menghina Muhammad SAW.

Sampai para sahabat RA pun marah. Tapi nabi Muhammad SAW meredakan amarah para sahabatnya.

Suatu hari, ketika Rasulullh telah meninggal dan diganti oleh Khalifah Rasulullah, Abu Bakar As Shidiq Ra., Abu Bakar ingat Nabi Muhammad SAW selalu menyuapi orang tua itu. Maka Abu Bakar pun melanjutkan yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah SAW.
Tapi orang tua ini tahu, bahwa yang menyuapinya sekarang bukan orang yang dahulu biasa menyuapinya. Orang buta itumengetahuinya dari kelembutan makanan yang dikunyah orang lain itu. Makanan yang dikunyah oleh Abu Bakar tidak selembut Rasulullah mengunyahkan makanan untuknya.
Lantas orang itu bertanya kepada Abu Bakar, kemana orang yang biasa menyuapinya dahulu.
Dengan perasaan terharu Abu bakar menjelaskan pada orang tua itu. Abu Bakar berkata bahwa orang yang biasa menolongnya kini sudah meninggal.
Orang tua lalu bertanya kepada Abu Bakar, siapakah nama orang yang selama ini menolong dia. Sampai saat itu, orang tua itu tidak pernah tahu siapa yang menolongnya. Dia sangat ingin tahu, siapakah orang yang selama ini begitu baik hati, santun, dan sabar menyuapinya. Yakni orang yang selalu mendengarkannya ketika orang tua itu mencaci Muhammad SAW.
Karena pertanyaannya orang tua itu, Abu bakar pun akhirnya menjawab bahwa orang yang selama ini menolongnya adalah orang yang selama itu pula mendengarkan cacian untuk dirinya sendiri, yaitu rasulullah SAW.
Orang tua itu tidak percaya, benarkah orang yang selama ini menolongnya adalah orang yang selama ini dia hina. Orang tua itu menangis dan dia akhirnya sadar telah berbuat salah. Dan kini dia yakin bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Orang tua yahudi itupun masuk islam.

Kaka bertanya pada Abi ketika cerita itu selesai
”Abi, kenapa Nabi Muhammad diam saja ketika orang tua itu menghinanya.?”
Abi menjawab ” Kalau menurut Abi, orang tua itu buta, jadi dia tidak bisa melihat dan mengetahui siapa dan bagaimana Islam itu. Benarkan Umi?”
”Benar Abi” jawab Umi ”Jadi, Rasulullah SAW menolong dan menyuapi orang tua itu agar orang tua tahu, bahwa Islam itu sangat indah. Dan ternyata, setelah orang tua itu mengetahui betapa indahnya Islam, orang tua itu masuk Islam”
”Tapi Umi, masak kalo kita dihina kita harus diam saja sih. Apalagi yang dihina itu Nabi kita? ” Tanya Kaka kemudian.
”Kaka, kalo orang tua itu dilawan, maka itu bisa mendzolimi dia. Orang tua itu kan sudah tua, tidak bisa melihat dan hidup sendirian. Rasulullah itu paling mengasihi ummat manusia. Dia adalah manusia yang paling adil. Itulah bentuk keadilan yang dicontohkannya kepada kita sebagai ummatnya.”
”Rasulullah pernah bersabda ”la tagdhob” ,jangan marah. Kalau kita bisa menahan amarah kita, padahal kita bisa meluapkannya, maka itulah yang terbaik. Selama itu hanya menyangkut diri kita sendiri saja. Tapi apabila itu sudah menyangkut agama kita, kita harus bisa bersabar dan tegas menyikapinya” sambung Abi.

”Abi, Abi. Tapi kok, kenapa FPI itu marah” tanya Adi polos.

Abi tersenyum ”Adi sering nonton berita ya. Anak Abi yang pintar. Kesini Abi gendong”

Abi menggendongnya, mengangkat tubuh kecil itu sejajar hingga persis super hero yang terbang di angkasa. Ssssss...... suaranya ketika super hero itu terbang. Adi terbang mengelilingi kamar itu. Asyik, itulah yang Adi katakan didalam hatinya.
“Super hero terbang. Mengelilingi dunia” Kata-kata Abi ketika menerbangkan tubuh Adi. ”Super hero nya harus istirahat. Sudah malam harus tidur. Ssssss.....”
Abi menaruh tubuh Adi di kasurnya ”Sudah malam, Adi tidur dulu ya. Besok ceritanya kita lanjutkan lagi.” Abi mencium keningnya. Lalu mencium pula kening Kaka. Mereka berdua kini sudah tidur. Lampu kamar telah dimatikan. Pertengkaran kakak beradik itu selesai tanpa ada satupun yang disalahkan. Dan hilanglah kebencian dan dendam didalam diri kakak beradik itu.

Untuk kita renungkan.
Islam itu memang Indah. Tapi Islam juga mengajarkan kekerasan. Bila Islam tidak mengajarkan kekerasan, apa yang harus dilakukan oleh orang Islam ketika diserang. Tentu Islam harus memilih kekerasan.
Memang, sulit hari ini menentukan kapan dan dimana kekerasan itu harus diberlakukan. Sederhana permasalahannya, karena semuanya tidak teratur. Sehingga kekerasan pun sulit untuk ditempatkan pada tempatnya.
Ketika masa FPI yang tergabung dalam LPI marah, dan menyerang masa AKKBB, siapakah yang salah ? apakah kekerasan yang mereka lakukan tidak pada tempatnya?
Ini memang harus dijawab dengan pertanyaan ”apakah kekerasan mereka sudah pada tempatnya?”
Bukan pernyataan bahwa Islam itu tidak mengajarkan kekerasan dan semuanya harus diselesaikan dengan damai. Tidak semua bisa diselesaikan dengan damai, meskipun setiap orang pada dasarnya menginginkan perdamaian dan tidak pernah menginginkan kekerasan atau bahkan peperangan. Tapi memang, kesombongan harus dilawan dengan ”kesombongan”. Sehingga orang yang sombong itu tahu, bahwa kesombongan itu adalah jelek, dan dia takut hingga urunglah niatnya untuk sombong.

Oleh Kikam Zam
Mahasiswa Fisipol 2005 UGM
Read More......

Bantuan Khusus Mahasiswa

Pada tanggal 29 Mei 2008 kemarin, Mentri Pendidikan Nasional, Bambang Soedibyo mengemukakan tentang pemberian Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) yang akan diberikan sebagai kompensasi kenaikan BBM bagi sekitar sepuluh persen jumlah mahasiswa di seluruh Indonesia. BKM senilai Rp. 500.000 tersebut akan diberikan pada semester ganjil 2008 nanti. Ada sekitar 400.000 mahasiswa yang memperoleh BKM dari sekitar 4.000.000 mahasiswa aktif di seluruh Indonesia.
Terkait rencana pemerintah tersebut, banyak pihak yang tidak menyetujuinya. Mahasiswa dan sebagian pihak lainnya menganggap bahwa pemberian BKM ini bertujuan untuk meredam aksi mahasiswa menolak kenaikan BBM. Alasannya, bahwa selama ini pemerintatah tidak pernah mengungkapkan tentang rencana pemberian BLT untuk mahasiswa atau yang disebut BKM tersebut. Program BKM tersebut tiba-tiba dilontarkan pemerintah setelah aksi mahasiswa menolak kenaikan BBM meluas. Oleh karena itulah program ini dianggap untuk meredam aksi mahasiswa menolak kenaikan BBM.
Tapi hal itu ditampik oleh pemerintah. Mentri Komunikasi Informasi, Muhammad Nuh, mengatakan bahwa program ini bukan untuk meredam aksi mahasiswa. ” Jika dikatakan demikian, hal itu sangat naif. Itu sama saja mengatakan kalau mahasiswa bisa disuap dan tidak punya idealisme. Kita hanya ingin membantu,” kata Nuh seperti mana yang dilampir oleh Banjarmasi post.
Terkait pro kontra tersebut, BKM memang akan sangat membantu mahasiswa di tengah naiknya harga BBM yang otomatis akan menaikan pula harga makanan di kantin dan menaikan biaya kuliah. Terlebih di perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri BHMN yang mengandalkan pemasukan dana dari mahasiswa untuk menutup biaya operasional kampus.

Mungkin program BKM itu sekilas nampak sebagai budi baik pemerintah terhadap rakyatnya. Betapa tidak mahasiswa diberikan uang gratis oleh negara tanpa usaha apapun. Tentu itu adalah hadiah yang sangat berharga, terlebih bagi mahasiswa yang kurang mampu.
Tapi, tentu mahasiswa adalah segolongan elit yang cerdas di negeri ini. Mahasiswa mengetahui bahwa asumsi pemerintah untuk menaikan harga BBM adalah salah besar. Mahasiswa tahu bahwa di venezuela, harga premium itu hanya sekitar Rp.400,- sedangkan di Indonesia seharga Rp.6000,-. Bahkan mahasiswa pun tahu bahwa venezuela memberikan penawaran kepada Indonesia untuk membeli BBM yang murah tersebut. Tapi Indonesia tidak menerimanya. Alasannya satu, bahwa harga BBM (premium) di pasar Internasional adalah Rp.12.000,-.
Mahasiswa tahu bahwa pemerintah mereka adalah penakut, karena negeri ini sudah penuh hutang dan berhutang budi pada Bank Dunia dan IMF. Sehingga negeri yang kaya ini harus tunduk saja pada kemauan mereka. Negeri ini menjadi ayam yang mati di lumbung padi. Mahasiswa tahu semua ini sehingga mereka menunjukan keberanian mereka dengan berunjuk rasa dan lempar-lemparan batu dengan polisi yang lebih gagah daripada mereka. Mahasiswa lakukan itu karena ingin pemerintah menjadi pemberani seperti mereka.
Tapi memang, sejauh pengalaman membuktikan. Aksi unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan BBM tidak pernah berhasil membuat pemerintah untuk mengikuti kemauan mereka. Mengapa, karena pemerintah terikat oleh uu tahun 2001 tentang BBM yang menyatakan bahwa libelarisasi pertambangan dilakukan untuk usaha hilir dan hulu. Artinya, BBM kini tidak dianggap lagi menjadi barang ”hajat hidup orang banyak”. Tapi sebagai barang konsumsi yang mengikuti mekanisme pasar kapitalis global. Yakni sebuah perjudian terbesar dimana harga dan kekayaan diputar-putar dalam jutaan lembar saham. Karena inilah, maka pemerintah tidak bisa berbuat apapun kecuali menaikan harga BBM untuk masyarakat.
Rakyat tidak pernah berjudi di dalam pialang saham di Amerika tersebut. Tapi masyarakat menderita karena perjudian itu, yakni karena pemeritahnya tunduk pada mekanisme perjuadian tersebut. Inilah yang menjadi sebab mengapa pemeritah menaikan harga BBM dan menjadi sebab mengapa tidak bergunanya aksi unjuk rasa jika bertujuan untuk memaksa pemerintah tidak menaikan BBM. Logikanya, pemeritah diancam oleh dunia Internasional (kapitalis) dengan boikot, hutang dan kekuatan militer super power. Sedangkan mahasiswa hanya mengancam pemerintah dengan nyel-nyel, teriakan dan kecaman, serta lemparan batu-batu kecil yang tak bisa meledakan istana negara hingga menjadi hancur lebur.
Tapi, apakah semua ini benar. Tentu pemerintah dan mahasiswa bisa saja menolak semuanya.

Oleh Kikam Zam
Mahasiswa fisipol UGM 2005

Read More......

BLT dan Mahasiswa

Oleh Kikam Zam
Mahasiswa fisipol UGM 2005

Apalah engkau berunjuk rasa
Apalah engkau berdemontrasi
Apalah engkau berorasi
Apalah engkau yakini

Masihkah rasa diresapi
Meski jutaan orang dan mahasiswa turun di jalan
Atau......
Masihkah suara dan amarah ditakuti
Meski ribuan ban bekas kepulkan hitam pekat di awan
Atau ......
Masihkah iba mengetuk hati
Meski darah dicucurkan untuk sebuah pengorbanan
Atau......
Masihkah berfikir sebelum mati
Meski sepasang selongsong mata menebar keberingasan

Berfikirlah wahai siapapun
Mengapa jalan kau penuhi debu dan abu
Mengapa jejak kakimu basahi bumi yang satu
Mengapa tak kau berfikir saja dengan akalmu
Apa yang bisa kau perbuat dengan tubuhmu

Sudahkah kau ketahui mengapa semua terjadi
Hingga kau mengerti apa yang bisa akhiri
Sudahkah kau ketahui mengapa semua kau lalui
Hingga kau tahu dimana engkau berdiri


Usahlah turun ke jalan
BBM tetap akan naik
Meski kau mati di jalan

Kecuali kau inginkan revolusi
Mati sebagai pahlawan revolusi
Bersama jutaan mayat revolusi


Read More......

MASIHKAN JOGJA KOTA PENDIDIKAN ?

Tulisan ini diawali dari beberapa celetukan beberapa teman yang merasakan perubahan budaya intelektual di kampus. Beberapa yang dikeluhkannya ialah rendahnya minat diskusi dan literature mahasiswa. Bahkan, di berbagai kampus justru kegiatan yang sifatnya hura-hura dan hedonis justru lebih banyak diminati daripada kegiatan seminar atau diskusi-diskusi kecil mahasiswa.
Bahkan di salah satu fakultas di universitas negeri di Yogyakarta, ada fakta menarik yang perlu disuguhkan dalam tulisan ini. Sebutlah Fakultas x di Universitas x. Di fakultas tersebut salah satu wakil dekan berpesan kepada mahasiswa yang akan menyelenggarakan diskusi terbuka di kawasan gedung kuliah agar suara dan keramaiannya tidak mengganggu proses kuliah. Apabila dianggap mengganggu maka dekan tersebut akan mengambil tindakan. Tapi apa yang terjadi. Beberapa bulan berikutnya masih di sekitar kawasan tersebut, setiap pekan diadakan konser musik untuk menghibur pengunjung kantin di fakultas x tersebut. Padahal, suara musik tersebut sangat keras dan mengganggu proses kuliah. Namun, tetap saja konser musik itu diselenggarakan sepekan sekali.
Beda lagi menurut salah satu lulusan mahasiswa S2 yang sudah belajar di jogja sejak tahun 90an akhir, sebutlah namanya Anwar. Anwar mengatakan bahwa kondisi jogja sudah jauh berubah dibandingkan ketika pertama kali dia datang ke kota pelajar itu. Apabila dahulu mahasiswa S1 banyak yang menggunakan sepeda, kini bahkan mobil sudah lumrah dipakai oleh mahasiswa. Apabila dahulu mahasiswa S1 memiliki penampilan sederhana, kini kampus-kampus bagaikan peragaan busana dan pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh pengunjung yang memakai pakaian mencolok dan penuh gaya. Anwar menganggap budaya hedonis semakin kuat, dan sebaliknya budaya intelektual mahasiswa semakin menurun.

Tentu bisa saja salah anggapan Anwar tersebut. Tapi apabila banyak sekali Anwar-Anwar lain yang berkata sama, mungkin kita harus berani untuk melihat jogja lebih kritis. Masihkah Jogja kota Pendidikan?
Mungkin bagi mahasiswa yang berasal dari daerah Jakarta, Surabaya atau kota-kota besar lainnya apa yang dialami Anwar tidak terlalu dirasakan sebagai sesuatu yang bermasalah. Bagi mahasiswa yang berasal dari kota-kota besar, jogja masih merupakan kota yang lebih nyaman dan kondusif untuk berfikir dan kuliah. Masyarakatnya nyaman, transportasi mudah dan tidak macet, kriminalitas dan masalah social pun lebih sedikit. Bahkan di Jogja, banyak sekali penerbit buku sehingga mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan buku yang dicari.
Untuk itulah dalam tulisan ini Jogja akan dilihat sebagai sebuah kota dalam satu provinsi yang semakin maju. Bukan hanya dalam ekonomi, tapi politik dan budayanya sudah semakin terintegrasi dengan budaya global yang sangat baratdan dianggap maju tersebut. Lalu bagaimanakah dengan pendidikannya, apakah semakin teritegrasi dengan budaya global juga ? mungkin di tengah perkembangan kota Jogja sebagai kota metropolitan hal itu sulit dinafikan.

Jogja, Antara kota Pendidikan dan kota Metropolitan.
Kota Yogyakarta memiliki visi yang sangat mendukung pendidikan. Visi itu berbunyi ” Terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai Kota pendidikan yang berkualitas, Pariwisata yang berbudaya, pertumbuhan dan pelayanan jasa yang prima, ramah lingkungan serta masyarakat madani yang dijiwai semangat Mangayu Hayuning Bawana”. Jelas dalam visi tersebut, pendidikan adalah yang pertama dibandingkan yang lainnya. Hal itu menunjukan secara kebijakan, sudah seharusnya bahwa pendidikan menjadi yang utama dan yang diutamakan.
Visi kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan tersebut kemudian diperjelas dengan misi yang berbunyi ”menjadikan dan mewujudkan lembaga pendidikan formal, non formal dan sumber daya manusia yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kompetitif dalam rangka mengembangkan pendidikan yang berkualitas”. Dalam misi tersebut
Tapi, barangkali akan dijumpai kebijakan yang sebaliknya di lapangan. Mungkin kebijakan yang memutuskan ”pengembangan ruang dan kawasan pusat usaha di Jalan Solo, kaliurang, Godean, Wates, Monjali, yang didukung oleh pengembangan kebijakan pemberian insentif ekonomi pada kawasan prioritas di atas” (Buku Profil Penataan Ruang Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2003) sebagai sesuatu yang bertentangan dengan visi misi kota jogjakarta tersebut. Karena meskipun daerah-daerah tersebut berada diluar kawasan administrasi kota Yogyakarta, namun masih dalam kawasan aglomerasi kota Yogyakarta (bagi mahasiswa dan masyarakat umumnya tentu tidak akan menitikberatkan pada perspektif tentang batas-batas administrasi. Yogya adalah kota yogya dan kawasan aglomerasi tersebut. Sehingga ketika menyebutkan yogya kota pendidikan, sebenarnya sedang menunjukan yogya dan wilayah aglomerasinya).
Mungkin bisa dibayangkan apabila beberapa jalan tersebut dipenuhi oleh unit-unit usaha, maka apa yang akan terjadi pada mahasiswa dan siswa di daerah tersebut. Padahal, jalan-jalan yang disebut adalah kawasan pusat pendidikan yang mudah diakses. Tentu hal ini akan berdampak bagi kondisi kultur pendidikan di jogja. Misalkan ketika Ambarukmo Plasa dengan segala daya tariknya dididirikan di jalan Solo, apa yang akan terjadi dengan kultur mahasiswa Universitas Islam Negeri yang tidak jauh berada disana dan universitas-universitas lainnya. Begitu pula dengan kondisi pendidikan pada umumnya. Logikanya, semakin banyak alternatif akan semakin banyak pilihan yang dibuat. Pun dalam kerangka ini, semakin banyak pusat-pusat perbelanjaan di Jogja, maka semakin banyak pula pilihan untuk mengunjunginya. Kiranya, ini menjadi sebab meningkatnya hedonisme di jogja.
Sebagai kota pariwisata, memang jogja tidak bisa menghindar dari pilihan pengembangan pusat usaha seperti di atas. Berdasarkan data DIY tahun 2000, pariwisata menempati urutan yang cukup penting bagi perkembangan provinsi tersebut. Pada tahun 2000, pertanian menunjukan angka produk domestic regional bruto (menurut lapangan usaha atas dasar harga yang berlaku di DIY dengan angka 2.725.286 miliar rupiah. Satu tingkat dibawahnya adalah sector perdagangan, hotel dan restaurant dengan angka 2.473.179. hal ini menunjukan bahwa sector pertanian dan perdagangan-hotel-restaurant adalah dua sector yang paling banyak menampung mayoritas pekerjaan masyarakat DIY. Disusul industri pengolahan. Lalu pengangkutan dan komunikasi. Serta keuangan dan persewaan dan jasa perusahaan. Tentu, untuk kawasan Jogja dan aglomerasinya perdagangan,hotel dan restaurant menempati urutan yang paling pertama dibandingkan pertanian.
Dari data-data tersebut dapat dianalisa bahwa jogja mengalami dilema yang serius dalam mempertahankan citranya sebagai kota pendidikan. Mungkin apabila dilihat dari segi kuantitas, jogja (dan aglomerasi) masih mapan untuk disebut sebagai kota pendidikan dengan jumlah universitas tidak kurang dari 70. tapi secara kualitas, untuk menciptakan pendidikan yang mutakhir bisa diragukan. Dalam hal ini, pendidikan tidak berorientasi semata kepentingan negara dan kebutuhan sosial sehingga mengesampingkan orientasi pembentukan individu-individu yang memiliki kapasitas yang komprehensif dan integral.
Dalam pendidikan yang berorientasi pada kepentingan negara dan kebutuhan sosial, indikator kesuksesan pendidikan terlihat dari terpenuhinya kebutuhan pasar oleh institusi-institusi pendidikan yang ada. Indikator kesuksesan tersebut akan terlihat dari seberapa tinggi tingkat penyerapan sarjana oleh pasar. Dan seberapa baik kemampuan sarjana untuk memenuhi tuntutan pekerjaan dan pasar. Maka dalam kondisi ini, peningkatan kualitas kepemimpinan mahasiswa pun tidak dilakukan untuk meningkatkan kualitas individu mandiri mahasiswa dalam kehidupannya. Tapi didasari pemikiran bahwa dunia kerja akan sangat membutuhkan skill kepemimpinan sarjana sebagai sebuah modal sosial yang bisa meningkatkan keuntungan usaha.
Dalam kerangka pendidikan yang berorientasi pada kepentingan negara dan kebutuhan sosial ini kehadiran unit-unit usaha di kawasan pendidikan dianggap tidak terlalu bermasalah. Namun dalam kerangka pendidikan yang berorientasi pada pembentukan individu, kehadirannya (unit-unit usaha) tersebut jelas akan menjadi masalah besar. Karena perlu dimaklumi bersama bahwa unit-unit usaha tersebut akan hadir bersama dengan gaya hidup, pandangan, sikap, serta tradisi yang mendukung perkembangan pasar yang lebih bersifat materil. Bisa dibayangkan, bagaimana pasar dan media masa dipergunakan untuk menghegemoni dan membius mahasiswa dan insan pendidikan. Terlebih apabila mayoritas input mahasiswa dan pelajar itu berasal dari golongan atas dan menengah. Hal itu mengingat pendidikan yang semakin mahal dan lebih penting lagi ialah semakin sulit diakses oleh masyarakat golongan menengah ke bawah. Tentu kehadiran unit usaha itu sangat berpengaruh terhadap kondisi pendidikan di jogja, sehingga pantas apabila pertanyaan ”Masihkan jogja kota pendidikan?” menjadi pertanyaan masyarakat umu, bukan hanya Anwar.
Sebagai kota pendidikan, yogya mengalami dilema yang sangat kritis dengan hasrat perkembangan menuju kota metropolis (metropolitan secara umum diartikan sebagai sebuah kota besar yang kompleks dan modern, bukan pertanian). Sebenarnya tidak akan pernah menjadi masalah apabila perkembangan menuju kota metropolis tersebut didasari dan dikawal dengan visi sebagai kota pendidikan yang ketat. Tapi untuk Indonesia akan sulit rasanya keluar dari idiologi pembangunanisme yang menjadikan ekonomi sebagai pemimpin dalam pembangunan.
Jadi, untuk konteks Indonesia kota pendidikan tidak akan pernah bisa sinkron dengan kota metropolitan selama ekonomi menjadi pemimpin dalam pembangunan. Karena, ekonomi Indonesia sangat bergantung pada ekonomi dan pasar global. Padahal pasar global tentu tidak akan pernah menginginkan kebaikan bagi Indonesia. Kecuali menginginkan Indonesia tetap menjadi pangsa pasar yang besar. Artinya manusia Indonesia harus tetap dikondisikan sebagai konsumen yang baik. Maka Indonesia tidak boleh maju sehingga berpindah menjadi produsen yang produktif. Dan juga sebaliknya, Indonesia tidak boleh terlalu terpuruk sehingga tidak bisa menjadi konsumen yang konsumerisme lagi.
Maka di Indonesia apabila kota pendidikan bertemu dengan kota metropolitan, pendidikan tersebut akan beralih fungsi sebagai pengawal keinginan pasar global saja. Maka kualitas SDM yang dihasilkannya pun tidak akan terlalu jauh dari apa yang pasar global harapkan. Kecuali memang ada perubahan yang signifikan dan berani.
Oleh Kikam Zam
Mahasiswa fisipol UGM 2005

Read More......