rss

News Publik

Forum Publik

About Me

My Photo
mustafa
maros || makassar || jogja, Indonesia
Smart and Calm
View my complete profile

Lagoi, Surga wisata pulau bintan

Tidak ada habisnya bila membicarakan keindahan pantai di Indonesia. Pohon kelapa yang berbaris rapi di pinggir pantai, pasir putih, dan deru ombak menjadi daya tarik tersendiri. Semua itu bisa Anda rasakan di Pantai Lagoi, Kepulauan Riau. Pantai Lagoi adalah salah satu tempat wisata kebanggaan milik Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Pantai ini memang memiliki alam yang indah dan bersih. Pohon kelapa yang berbaris rapi di tepian pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat ibukota.

Wisatawan yang banyak mengunjungi pantai ini biasanya berasal dari Singapura. Ini karena letak Pulau Bintang yang hanya berjarak 45 km dari sebelah tenggara Singapura.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti diving, snorkeling, atau hanya sekedar menikmati alam. Setelah puas jalan-jalan, Anda bisa menginap di resort yang telah banyak tersedia. Benar-benar lengkap.

Di resort, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti bermain golf, berenang, spa, diving, snorkeling, dan lain-lain. Lengkap kan?

Setelah puas beraktivitas, saatnya mengisi perut. Di sini, ada banyak tempat makan yang menawarkan aneka olahan seafood. Yang paling terkenal adalah Kelong Seafood Restaurant. Restoran ini memiliki pemandangan yang indah karena berada di tengah laut. Anda bisa melihat pantai dan tambak di tengah laut.
Selain restoran, Anda juga bisa menemukan kios yang menjual aneka makanan khas Bintan, yaitu gonggong dan otak-otak. Gonggong adalah sate siput laut, sedangkan otak-otak sama seperti yang sudah biasa Anda makan. Selesai makan, lanjutkan perjalanan Anda ke pusat oleh-oleh yang menjual aneka souvenir, pakaian, snack, bahkan Anda bisa membuat tattoo. Untuk menuju pusat oleh-oleh, telah disediakan mobil antar jemput dengan tarif SIN$ 6/orang atau senilai dengan Rp 42.000/orang.

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Tanjung Pinang menuju Tanjung Uban. Biasanya akan memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Dari Tanjung Uban, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Lagoi menggunakan taksi selama 15-25 menit.
Sumber :Detiktravel ,
Picture by Google
Read More......

Pantai Trikora, Pantai Cantik Untuk Berlibur Sekaligus Berdoa

Pulau Bintan merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi kepulauan Riau. Pulau ini adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau dan sangat dekat dengan Singapura. Di abad pertama masehi, pulau ini menjadi tempat persinggahan favorit kapal perdagangan dari Cina dan India. Selain terletak di lokasi yang strategis, tepatnya di antara Singapura, Johor Baru, dan Malaysia, pulau ini juga kaya akan potensi wisata. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Pulau Bintan adalah Pantai Trikora. 

Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, atau sekitar 45 km ke arah timur kota Tanjung Pinang. Pantai ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4. Jalan untuk mengakses Pantai Trikora sudah cukup baik, bahkan bisa dilalui hingga empat lajur mobil. Untuk sampai di pantai ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari Tanjung Pinang sampai dengan perbatasan Kabupaten Bintan. Sayangnya tidak ada akses angkutan umum yang mampu mengantar Anda hingga pantai ini. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk menyewa mobil beserta sopirnya. Atau Anda bisa menyewa sepeda motor dengan biaya kurang lebih 100.000 Rupiah per harinya. Sedangkan untuk sewa mobil sekitar 200.000 sampai 400.000 Rupiah lengkap dengan sopir. 

Menurut legenda yang beredar di masyarakat, nama Trikora sendiri diambil dari “three corral”, yang merupakan sebutan dari wisatawan asing saat mereka berkunjung ke pantai ini. Sedangkan menurut sumber lain, nama Trikora diambil dari salah satu sejarah Indonesia Tri Komando Rakyat. Saat itu pantai ini merupakan benteng pertahanan terluar Indonesia dalam sebuah isu hangat “Ganyang Malaysia”. 

Perjalanan ke pantai ini cukup panjang dan melelahkan, tetapi jangan kecewa dulu. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, seperti pemandangan jajaran perkampungan nelayan, lokasi konservasi lamun dan mangrove, serta resor-resor mewah yang cantik. Sesampainya di sana, Anda akan disuguhi oleh pemandangan pasir putih yang lembut, air laut biru jernih, lengkap dengan pohon kelapa yang menari-nari karena angin laut. Pantai ini cukup dangkal dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga Anda dan anak-anak bisa melakukan kegiatan berenang. Meskipun demikian, Anda tetap harus hati-hati karena ketika air pasang, arus air bisa menjadi cukup kuat. 
Read More......

Surga Kuliner Tersembunyi di Jogja yang Wajib kamu kunjungi

Bercerita soal Jogja memang gak ada habisnya. Mulai dari kenangan yang tercipta selama kamu ada di kota ini, perubahan dan kehangatannya yang kini makin terasa, sampai cerita soal kuliner yang selalu bikin kamu kangen Jogja. 

Kali ini untuk kamu yang berencana ingin ke Jogja, atau sudah tinggal di Jogja dan ingin lebih meng-eksplor kota yang mudah sekali dirindukan banyak orang ini akan kami ulas kuliner ‘mblusuk’ (terletak di tempat tersembunyi) yang wajib dikunjungi selama kamu ada di kota yang memang ngangeni. Siap-siap menelan ludah dan tergoda, ya :) 

1. Warung Makan Sabar Menanti dengan Pecel Penyetnya layak kamu kunjungi selepas landing di Adisucipto.
Merasa lapar setelah landing di Adisucipto? Jangan buru-buru tergoda membeli makanan di bandara yang mahal. Lebih baik ajak penjemputmu ke selatan untuk mengunjungi Warung Makan Sabar Menanti. Di sini kamu bisa menikmati berbagai makanan prasmanan khas Jogja mulai dari Brongkos sampai Tahu Bacem. Tapi yang wajib kamu coba adalah Ayam dan Lele Penyetnya yang sambalnya dijamin bikin kamu berkeringat. Tapi gak bisa berhenti makan.

 2. Masih di sekitar Kalasan, ada Sate dan Tongseng Bu Tukinem yang rasanya ngangeni.
Setelah selesai dari Warung Sabar Menanti, kembalilah ke utara dan mampirlah di warung kecil Bu Tukinem yang terletak masih di sekitar Kalasan. Kalau dari arah warung makan Sabar Menanti posisi warung ini ada di sebelah kiri jalan. Di sini adalah surga buat kamu yang suka olahan berbahan kambing. MenurutHipweesih andalan warung ini adalah Sate Goreng yang rasa manis dan pedasnya pas banget. 

3. Soto Pak Marto ‘Taman Sari’ di daerah Plengkung Gading memberi suasana sarapan khas Jogja yang segar.
Wajib hukumnya buatmu menjajal Soto Jogja yang kuahnya bening, segar, dengan potongan daging sapi yang tidak pelit. Soto Pak Marto adalah spot sempurna untuk merasakan sensasi sarapan pagi khas Jogja. Terletak di dekat Plengkung Gading, kamu akan disambut dengan aroma gurih khas kuah soto. Silakan pesan mau memesan soto apa. Campur, pisah, atau ingin tambah iso bacem atau babat bacem? Semua ada! Harganya? TUntuk soto di sini dihargai mulai 9 ribu rupiah. Iso, babat, dan berbagai jeroan sapi lain dihargai 10 ribu rupiah satu piring kecil. 

4. Makan gudeg di Wijilan sudah terlalu mainstream. Coba mampir ke Angkringan Kang Harjo yang lebih unik.
Bukan berarti kamu gak boleh mampir ke berbagai kedai Gudeg yang memang terkenal di Wijilan. Boleh banget kok, wajib malah. Apa artinya ke Jogja tanpa makan gudeg ‘kan? Tapi Jogja juga punya kuliner lain yang gak kalah unik di Wijilan. Namaya Angkringan Kang Harjo yang mulai beroperasi sebelum Maghrib. Di sini kamu bisa menemukan berbagai makanan khas angkringan plus menu lain macam pecel dan sayur rumahan. Yang menggoda sih jelas camilan khas angkringan. Sate usus, sate bakso, sate kerang, sampai kepala atau ceker bakar. Soal harga? Rego angkringan, dab! (Harga angkringan, bro!) Murah. 

5. Saat malam kamu bisa merasakan makan di Istana Pangeran dengan datang ke Angkringan Pendhopo Dalem Pendhopo Dalem.
Adalah rumah yang secara khusus diperintahkan dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono VII untuk Pangeran Purbaya. Di sini juga pernah lahir Sultan Hamengku Buwong IX yang perannya besar dalam kemerdekaan Indonesia dan kemajuan Jogja. Sekarang, Pendhopo Dalem sudah tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal. Saat malam tempat ini disulap jadi angkringan. Berbagai makanan macam nasi kucing, sate, sampai gorengan tersedia. Uniknya, angkringan Pendhopo Dalem juga menyediakan Mie Jawa dan minuman khas macam serai dan jahe yang jarang ditemukan di angkringan biasa. 

6. Sedikit ke Selatan ada Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung yang menjual ayam kampung yang enak dan guedhe.
Tentu kamu sudah akrab dengan penjaja ayam goreng macam Mbok Sabar dan Ny Suharti. Tapi kalau Mbah Cemplung, pernah dengar? Warung makan khusus ayam goreng ini terletak di dekat Pabrik Gula Madukismo di Bantul. Walau lokasinya mblusuk di pedesaan ada petunjuk jalan yang bisa kamu ikuti kok. Sesampainya di Mbah Cemplung kamu bisa memesan ayam goreng potongan (dada, paha) atau ayam goreng utuh. Yang membedakan warung ini dengan warung ayam goreng lainnya adalah Mbah Cemplung menggunakan ayam kampung yang dibiarkan bebas. Sehingga rasa dagingnya lebuh gurih dan ayamnya besar-besar. Harga di Mbah Cemplung ini cukup terjangkau. 11 ribu – 17 ribu untuk ayam per potong. Dan 70 ribu – 90 ribu untuk ayam utuh. 

7. Mie Ayam Tumini di dekat Terminal Giwangan yang selalu ramai layak masuk list kunjunganmu
Mie ayam Tumini
Mie Ayam? Apa bedanya sama mie ayam lain yang ada di Jogja? Eits, jangan suudzon dulu. Coba deh datang ke Mie Ayam Tumini yang letaknya ada di dekat Terminal Giwangan. Mie ayam di sini tidak berkuah bening seperti kebanyakan. Justru kuahnya kental, menyerupai kuah kari. Kuah yang kental ini memperkuat rasa lezat dari mie ayamnya. Kalau suka kamu bisa order tambahan ayam atau ceker ayam sebagai teman makan. 

8. Mie jawa mbah Mo.

Mi jawa mbah Mo
Mie Mbah Mo yang sudah terkenal ini memang punya cita rasa yang berbeda. Mie nya kenyal dan rasa kaldunya pas. Untuk mie gorengnya rasanya juga lembuuut banget. Kayak gak pakai kecap, tapi manis dan gurihnya pas. Kalau ke sini sebaiknya siapkan cadangan kesabaran karena banyak pengunjung lain yang mengantri. Sambil menunggu kamu bisa memesan teh jahe atau segelas kopi panas yang jadi pelengkap sempurna pengalamanmu makan mie.

Sumber : Hipwee
Read More......